TEMPAT PENDAFTARAN :
KAMPUS I UPN "VETERAN" YOGYAKARTAGEDUNG YOS SUDARSO (gedung perpustakaan), Lantai Dasar
Jalan SWK 104 Lingkar Utara Concongcatur (55283)
Telepon (0274) 486733, Fax. 0274 486400, Email:panitiapmb@upnyk.ac.id
JALUR PENDAFTARAN :
JALUR REGULER (Jalur dengan ujian seleksi)
Seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk semua program studi melalui jalur regular. Di UPN "Veteran" Yogyakarta pada Tahun Akademik 2013/2014 menggunakan metode Paper—Based Test (PBT)yaitu seleksi calon mahasiswa baru yang dilaksanakan secara tertulis. Khusus pada program studi di Fakultas Teknologi Mineral (Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Lingkungan dan Teknik Geofisika) seleksi dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pertama ujian secara tertulis dan jika dinyatakan lulus ujian tertulis maka tahap berikutnya calon mahasiswa mengikuti ujian wawancara. Kelulusan dalam seleksi ujian tertulis ini ditentukan oleh nilai yang diperoleh calon mahasiswa.
JALUR NON REGULER (Jalur tanpa ujian seleksi tertulis)
Jalur non reguler (jalur Penelusuran Bibit Unggul Daerah atau jalur penelusuran Bibit Atlet Daerah) diperuntukan bagi calon mahasiswa yang saat ini duduk di kelas XII dan memiliki prestasi akademik sejak semester satu sampai dengan semester lima atau memiliki prestasi di bidang olah raga, seni budaya dan kepemudaan pada tingkat minimal kabupaten/kota. Pada jalur ini calon mahasiswa tidak perlu melakukan ujian seleksi secara tertulis tetapi cukup menyerahkan nilai rapor dari kelas kelas 10 sampai dengan kelas 12. Bagi yang memilih program studi di di Fakultas Teknologi Mineral tetap harus melalui tahap kedua atau wawancara, sedangkan yang tidak lulus seleksi masih diberi kesempatan ikut seleksi pada jalur reguler tanpa membayar biaya pendaftaran untuk satu kali kesempatan seleksi tertulis.INFO JURUSAN:
Jurusan IPA (Eksakta) | Jurusan IPS(Non Eksakta) |
---|---|
Teknik Geofisika | Manajemen |
Teknik Geologi | Ekonomi Pembangunan |
Teknik Industri | Akuntansi |
Teknik Informatika | Ilmu Hubungan Internasional |
Teknik Kimia | Ilmu Administrasi Bisnis |
Teknik Kimia D3 | Ilmu Komunikasi |
Teknik Lingkungan | Agroteknologi |
Teknik Perminyakan | Agribisnis |
Teknik Pertambangan | |
Agroteknologi | |
Agribisnis |
Formulir Eksakta (IPA) : Pilihan 1 Progdi IPA, Pilihan 2 Progdi IPA
Formulir Non Eksakta (IPS) : pilihan 1 Progdi IPS, Pilihan 2 Progdi IPS
Formulir Campuran : pilihan 1 Progdi IPA, Pilihan 2 Progdi IPS
*Info : 1 Formulir Pendaftaran hanya ada 2 pilihan Program Studi.
Untuk Jurusan IPA bisa membeli Formulir Eksakta dan Campuran
Untuk Jurusan IPS hanya bisa membeli Formulir NON Eksakta
Formulir Non Eksakta (IPS) : pilihan 1 Progdi IPS, Pilihan 2 Progdi IPS
Formulir Campuran : pilihan 1 Progdi IPA, Pilihan 2 Progdi IPS
*Info : 1 Formulir Pendaftaran hanya ada 2 pilihan Program Studi.
Untuk Jurusan IPA bisa membeli Formulir Eksakta dan Campuran
Untuk Jurusan IPS hanya bisa membeli Formulir NON Eksakta
UNTUK BIAYA PENDAFTARAN BISA DI LIHAT DISNI
JADWAL PENDAFTARAN :
Periode | Mulai | Berakhir | Pelayanan |
---|---|---|---|
Gel 1 | 1 Februari 2013 | 22 Maret 2013 | VALIDASI Hanya dilayani pada hari Senin – Jum’at Pukul 08.00 – 15.00 WIB Hari Sabtu, Minggu dan Libur tidak melayani proses validasi dan pemotretan |
Gel 2 | 1 April 2013 | 28 Juni 2013 | |
Gel 3 | 1 Juli 2013 | 31 Juli 2013 | |
Gel 3 | 12 Agustus 2013 | 23 Agustus 2013 | |
PBUD/PBAD | 1 Pebruari 2013 | 28 Maret 2013 | Pengumuman Kelulusan Jalur PBUD/PBAD Tanggal 3 April 2013 |
JADWAL VALIDASI :
Tanggal Test | Waktu Validasi | ||
16-Feb-2013 | Dari : 11-Feb-2013 | s/d | 15-Feb-2013 |
23-Feb-2013 | Dari : 18-Feb-2013 | s/d | 22-Feb-2013 |
2-Mar-2013 | Dari : 25-Feb-2013 | s/d | 1-Mar-2013 |
9-Mar-2013 | Dari : 4-Mar-2013 | s/d | 8-Mar-2013 |
16-Mar-2013 | Dari : 11-Mar-2013 | s/d | 15-Mar-2013 |
23-Mar-2013 | Dari : 18-Mar-2013 | s/d | 22-Mar-2013 |
6-Apr-2013 | Dari : 25-Mar-2013 | s/d | 5-Apr-2013 |
13-Apr-2013 | Dari : 8-Apr-2013 | s/d | 12-Apr-2013 |
20-Apr-2013 | Dari : 15-Apr-2013 | s/d | 19-Apr-2013 |
27-Apr-2013 | Dari : 22-Apr-2013 | s/d | 26-Apr-2013 |
4-May-2013 | Dari : 29-Apr-2013 | s/d | 3-May-2013 |
11-May-2013 | Dari : 6-May-2013 | s/d | 10-May-2013 |
18-May-2013 | Dari : 13-May-2013 | s/d | 17-May-2013 |
1-Jun-2013 | Dari : 27-May-2013 | s/d | 31-May-2013 |
8-Jun-2013 | Dari : 3-Jun-2013 | s/d | 7-Jun-2013 |
15-Jun-2013 | Dari : 10-Jun-2013 | s/d | 14-Jun-2013 |
22-Jun-2013 | Dari : 17-Jun-2013 | s/d | 21-Jun-2013 |
29-Jun-2013 | Dari : 24-Jun-2013 | s/d | 28-Jun-2013 |
6-Jul-2013 | Dari : 1-Jul-2013 | s/d | 5-Jul-2013 |
13-Jul-2013 | Dari : 8-Jul-2013 | s/d | 12-Jul-2013 |
20-Jul-2013 | Dari : 15-Jul-2013 | s/d | 19-Jul-2013 |
27-Jul-2013 | Dari : 22-Jul-2013 | s/d | 26-Jul-2013 |
3-Aug-2013 | Dari : 29-Jul-2013 | s/d | 2-Aug-2013 |
19-Aug-2013 | Dari : 12-Aug-2013 | s/d | 16-Aug-2013 |
JADWAL UJIAN TAHAP PERTAMA (TERTULIS) *) :
GELOMBANG | BULAN DAN TANGGAL | JAM |
---|---|---|
1 | Pebruari : tanggal 9, 16, 23 Maret : tanggal 2, 9, 16, 23 | 10.00—11.40 WIB |
2 | April : tanggal 6, 13, 20*, 27 Mei : tanggal 4, 11, 18, 25 Juni : tanggal 1, 8, 15, 22, 29 | 10.00—11.40 WIB |
3 | Juli : tanggal 6*, 13, 20, 27 Agustus : tanggal 19,23 | 10.00—11.40 WIB |
*) tempat ujian gedung Fakultas Ekonomi dan gedung lainnya jika diperlukan.
MATERI UJIAN TERTULIS :
Komponen soal Tes Potensi Akademik (TPA) yang diujikan meliputi kemampuan:
- Verbal, meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.
- Angka (numeric) meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.
- Logika, meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.
- Spasial / Gambar, meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.
CARA REGISTRASI ULANG
REGRISTASI ULANG
Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi akan diberi Surat Tanda Lulus, dan dalam surat tanda lulus tersebut akan tertera besarnya biaya Dana Pendukung Pendidikan (DPP), SPP Tetap semester satu dan semester dua, SPP variable semester satu dan dua. Besarnya dana yang diperlukan selama satu tahun tersebut dapat dibayarkan dalam tiga tahap yaitu Tahap pertama (DP), Tahap kedua (DPP 1, SPP Tetap danVariabel semester 1, jas dan pakaian olahraga, Tahap ketiga ( DPP 2, SPP Tetap dan Variabel semester 2). Batas waktu akhir pembayaran masing – masing tahap tertera pada surat tanda LULUS tersebut.
Pembayaran | Gelombang 1 | Gelombang 2 | Gelombang 3 | PBUD/PBAD |
DP | Paling lambat 2 minggu setelah tanggal dinyatakan lulus seleksi | 4 April – 16 April 2013 | ||
DPP 1, SPP (TetapdanVariabel semester 1) atauAngsuran 1 | 11 Pebruari – 30 April 2013 | 2 April – 30 Juli 2013 | 1 Juli – 26 Agustus 2013 | 4 April – 31 Mei 2013 |
PROSEDUR REGRISTASI ULANG TAHAP pertama
1. Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus seleksi mengambil surat tanda LULUS di tempat pendaftaran (Loket 7) dalam rentang waktu 1 minggu setelah dinyatakan lulus. Bagi yang dinyatakan lulus namun tidak mengambil Surat Tanda Lulus sampai batas waktu yang ditentukan maka dinyatakan batal kelulusannya.2. Membayar DP sebesarRp. 3.000.000,- (TigaJuta Rupiah) di bank BNI loket UPN “Veteran” Yogyakarta atau melalui transfer ke nomor rekening yang tertera dalam surat tanda lulus
3. Lakukan validasi pembayaran bagi calon mahasiswa yang pembayarannya melalui transfer dari bank lain kebagian keuangan (loket 3) di bagian selatan lantai dasar gedung Yos Sudarso (Gedung Perpustakaan)
4. Membawa bukti pembayaran, kartu peserta, surat tanda LULUS kebagian pendaftaran dan serahkan ke petugas pendaftaran bagian registrasi
5. Menerima surat tanda diterima sebagai mahasiswa baru TA. 2013/2014
PROSEDUR REGRISTASI ULANG TAHAP KEDUA
Mahasiswa yang telahmembayar DP dan telah menerima surat tanda diterima sebagai mahasiswa dapat segera melakukan regristasi ulang tahap kedua. Prosedur registrasi ulang tahap kedua adalah sebagai berikut:
1. Membayar biaya DPP 1, SPP Tetap dan Variabel semester 1 serta jas alamater/ pakaian olahraga, buku WIMAYA sesuai dengan yang tertera pada surat tanda lulus di bank BNI loket UPN “Veteran” Yogyakarta atau melalui transfer ke nomor rekening yang tertera dalam surat tanda lulus
2. Lakukan validasi pembayaran bagi calon mahasiswa yang pembayarannya melalui transfer dari bank lain kebagian keuangan (loket 3) di bagian selatan lantai dasar gedung Yos Sudarso (Gedung Perpustakaan)
3.Membawa bukti pembayaran, kartu peserta, surat tanda Lulus, dan dokumen pendukung :
a)SuratTanda Lulus dari SMA / SMK / MA (2 lembar)
b)Fotokopiijasah /STTB yang dilegalisir ( 2 lembar)
c)Fotokopi SKHUN yang dilegalisir ( 2 lembar)
d)Fotokopi AkteKelahiran (2 lembar)
e)Surat hasil tes kesehatan bagi kelompok eksakta (1 lembar)
f)Surat pernyataan menjadi mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta bermetarai dan ditandatangani oleh mahasiswa dan orang tua / wali
Menerima Kartu Tanda Mahasiswa sementara sebagai mahasiswa baruTahunAkademik 2013/2014 yang berlaku sampai batas waktu tertetentu.
2. Lakukan validasi pembayaran bagi calon mahasiswa yang pembayarannya melalui transfer dari bank lain kebagian keuangan (loket 3) di bagian selatan lantai dasar gedung Yos Sudarso (Gedung Perpustakaan)
3.Membawa bukti pembayaran, kartu peserta, surat tanda Lulus, dan dokumen pendukung :
a)SuratTanda Lulus dari SMA / SMK / MA (2 lembar)
b)Fotokopiijasah /STTB yang dilegalisir ( 2 lembar)
c)Fotokopi SKHUN yang dilegalisir ( 2 lembar)
d)Fotokopi AkteKelahiran (2 lembar)
e)Surat hasil tes kesehatan bagi kelompok eksakta (1 lembar)
f)Surat pernyataan menjadi mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta bermetarai dan ditandatangani oleh mahasiswa dan orang tua / wali
Menerima Kartu Tanda Mahasiswa sementara sebagai mahasiswa baruTahunAkademik 2013/2014 yang berlaku sampai batas waktu tertetentu.
JADWAL UJIAN TAHAP KEDUA (WAWANCARA) KHUSUS UNTUK PROGRAM STUDI PADA FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL :
Tempat : Gedung Dekanat Fakultas Teknologi Mineral
GELOMBANG | BULAN DAN TANGGAL | KETERANGAN |
---|---|---|
1 | Pebruari : tanggal 11, 18, 25 Maret : tanggal 4, 11, 18, 25 | 08.00 — Selesai |
2 | April : tanggal 8, 15, 22, 29 Mei : tanggal 6, 13, 20, 27 Juni : tanggal 3, 10, 17, 24, Juli : tanggal 1 | 08.00 — Selesai |
3 | Juli : tanggal 8, 15, 22, 29 Agustus : tanggal 20,24 | 08.00 — Selesai |
PETUNJUK PEMBELIAN FORMULIR / KUITANSI PMB 2013
DI BANK BNI DAN LOKET UPN 'VETERAN' YOGYAKARTA
Misal hari ini Tanggal : 07 Feb 2013
Maka Kode BILLING : 07022013
Transfer Biaya Pendaftaran Bukan Ke REKENING REKTOR melainkan dengan menyebutkan Kode Billing.
0 komentar:
Posting Komentar